5 Lagu Daer「Baccarat betting method」ah di Jawa Tengah

  • 时间:
  • 浏览:0

LaBaccarat betting Baccarat betting Baccarat betting methodmethodmethodgu tradisioBaccarat betting methodnal ini Baccarat betting methodjuga menggambarkan keindahan suara alat musik suling. Umumnya, lagu Gambang Suling ini diiringi dengan Gamelan Jawa.

Baca juga: Lagu Daerah di Aceh

Selain bermakna untuk menjaga sikap, Gundul-Gundul Pacul juga bermakna agar memilih pemimpin yang selalu mengutamakan rakyatnya, tidak sombong dan menjalankan kewajiban dengan baik. Hal ini terlihat pada penggunaan kata ‘gundul’ yang berarti kepala.

Mengutip dari buku Seri Lengkap: Lagu Wajib Daerah (2017) karya Tim Smart Voice, berikut lirik lagu Gambang Suling:

Lagu daerah Lir-Ilir menggambarkan jika kehidupan sangatlah singkat. Sebagai manusia, kita harus senantiasa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadap Tuhan.

Lagu daerah khas Jawa Tengah ini diciptakan oleh Sunan Giri, salah satu anggota Walisongo. Cublak diartikan tempat, sedangkan suweng berarti perhiasan yang sering dikenakan perempuan Jawa.

Berikut lirik lagu Lir Ilir:

Baca juga: Mengenal Lagu Daerah Riau

KOMPAS.com - Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa. Provinsi ini dikenal dengan kekayaan budaya yang salah satunya ditunjukkan lewat keberagaman lagu daerahnya.

Ada banyak lagu daerah asal Jawa Tengah yang cukup terkenal dan populer di masyarakat Indonesia. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

Gambang suling, ngumandhang swarane

Thulat-thulit, kepenak unineUuuunine mung nrenyuhake ba-reng lan kentrung ke-tipung suling, sigrak kendhangane

Berikut lirik lagu daerah Gundul-Gundul Pacul:

Menurut Adi Suprayogi dalam Fenomena Lagu Dolanan “Gundul-Gundul Pacul” dalam Pendidikan Karakter Anak dan Ranah Sosial (2018), lagu Gundul-Gundul Pacul termasuk dalam tembang dolanan atau lagu mainan anak-anak.

Berikut lirik lagu Suwe Ora Jamu, lagu daerah khas Jawa Tengah dan DIY:

Baca juga: Apa Lagu Daerah di Jambi?

Lagu ini bermakna jika manusia harus menggunakan hidupnya sebaik mungkin dan selalu menggunakan kesempatan yang diberikan.

Lagu Suwe Ora Jamu bermakna tentang pertemuan yang terjadi setelah lama tidak bertemu. Pertemuan ini sangat menyenangkan, sehingga dirasa kurang jika hanya bertemu sekali.

Dalam buku Kumpulan Terlengkap Lagu Daerah (2016) karya Tim Media Pusindo, berikut lirik lagu Cublak-Cublak Suweng:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: 4 Lagu Daerah Sumatera Utara

Suwe ora jamu

Jamu godhong telaSuwe ora ketemuKetemu pisan gawe gela

Lir ilir, lir ilir

Tandure wis sumilirTak ijo royo-royo tak senggo temanten anyarCah angon-cah angon penelno blimbing kuwiLunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiroDodotiro-dodotiro kumintir bedhah ing pinggirDondomono jlumatono kanggo sebo mengko soreMumpung padhang rembulaneMumpung jembar kalanganeYo surakoSurak iyo

Lagu daerah ini bermakna agar setiap orang senantiasa menjaga kejujuran, keluguan dan tidak boleh bersikap sombong. Lagu ini juga mengajarkan agar manusia hendaknya tidak berbuat sesuatu yang menyebabkan orang lain sakit hati.

Lagu Cublak-Cublak Suweng bermakna jika mencari harta janganlah dengan menuruti hawa nafsu. Namun, utamakanlah suara hati nurani.

Gundul-gundul pacul-cul gembelengan

Nyunggi-nyunggi wakul-kul gembelenganWakul ngglimpang segane dadi dak ratanWakul ngglimpang segane dadi sak ratan

Cublak-cublak suweng

Suwenge ting gelenterMambu ketudhung gudhelPak Gempong lera-lereSapa ngguyu ndelikakeSir sir pong dele gosongSir sir pong dele gosong

Suwe ora jamu

Jamu sogo thuntengSuwe ora ketemuTemu pisan atine seneng

Gambang Suling diciptakan oleh Ki Nartosabdo. Secara garis besar, lagu tradisional ini bermakna tentang kekaguman pencipta lagu ini terhadap alat musik tradisional, yakni suling. Hal ini terlihat dalam liriknya: “thulat-thulit, kepenak unine”.